Jenis pengontrol dan mode operasi di dunia pemrosesan governor genset

Unit motor harus mempertahankan kecepatan konstan sehingga frekuensi listrik yang dihasilkan oleh generator stabil. Kecepatan engine dikendalikan dengan memeriksa jumlah bahan bakar yang dipasok ke ruang bakar engine. Jika kecepatan mesin terlalu rendah, jumlah bahan bakar yang dipasok harus ditingkatkan dan sebaliknya, jika terlalu tinggi, jumlah bahan bakar harus dikurangi. Untuk mesin kendaraan, pengemudi memeriksa jumlah bahan bakar dengan menekan atau mengangkat pedal akselerator sesuai kebutuhan. Namun, fungsi ini tidak boleh diserahkan kepada pria di motor generator. Oleh karena itu, pengontrol digunakan untuk secara otomatis mengontrol distribusi bahan bakar berdasarkan beban engine. Fungsi governor genset khususnya yaitu :
a. Memulai mesin lebih mudah dengan meningkatkan jumlah injeksi bahan bakar.
b. Ia menerima putaran mesin dan mencegah kecepatan berlebih.
c. Batas kecepatan mesin idle (saat mesin tidak menerima beban).
d. Batasi kecepatan motor maksimum.

Regulator bekerja dalam beberapa kata sebagai berikut: membaca kecepatan mesin dan memindahkan mekanisme yang mengontrol jumlah bahan bakar yang harus didistribusikan berdasarkan kecepatan engine unggun. Berikut adalah beberapa jenis gubernur berdasarkan mekanisme pekerjaan mereka:
1. Jenis pneumatik (membran)
Cara kerjanya menggunakan tekanan udara yang naik atau turun sesuai dengan putaran mesin. Perubahan tekanan udara ini menarik atau mendorong pembagi (diafragma) yang terhubung ke mekanisme yang mengontrol jumlah distribusi bahan bakar. Regulator pneumatik sederhana dan murah untuk diproduksi, tetapi kurang responsif terhadap perubahan rotasi yang disebabkan oleh tekanan udara dan pengaruh eksternal lainnya, itulah sebabnya model ini jarang digunakan untuk mesin generator.

2. Jenis mekanik (sentrifugal)
Dalam model pneumatik, ketika kecepatan mesin terdeteksi oleh tekanan udara, dalam model mekanis ini, kecepatan mesin terdeteksi oleh gaya sentrifugal dari kecepatan mesin yang terjadi. Model ini lebih rumit dalam desain, tetapi lebih sensitif terhadap variasi kecepatan mesin. Karena itu, model ini sering digunakan untuk mesin generator.

3. jenis elektronik
Pada model ini, kecepatan mesin dideteksi oleh sensor listrik, yang biasa disebut pickup magnetik. Informasi ini diproses oleh modul kontrol (modul kontrol) yang mengoperasikan mekanisme untuk mengontrol jumlah bahan bakar dengan servomotor. Banyak jenis agregat modern menggunakan model regulator ini karena relatif lebih tahan lama karena kurangnya bagian yang bergerak.

4. Jenis gabungan
Yang dimaksud dengan tipe gabungan ini adalah kombinasi dari dua jenis pengontrol dan kombinasi dari ketiga jenis tersebut.


Gubernur untuk generator modern biasanya sudah menggunakan model elektronik. Model ini memiliki masa pakai yang lebih lama, respons yang lebih cepat, dapat “diprogram” bila perlu dan lebih mudah digunakan untuk operasi paralel generator (sinkron). Namun, model mekanis masih banyak digunakan karena mekanik sudah lebih akrab dengan model ini.

Kami harap artikel ini memperluas wawasan kami tentang cara kerja gubernur generator mesin

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*