Tips Pemeliharaan Genset Yang Baik Dan Benar

Genset adalah alat paling penting buat menghasilin listrik di sekitar wilayah pedesaan, perkampungan dan di berbagai tempat usaha. Genset juga memiliki banyak sekali kegunaan penting terutama kalau sedanga da berbagai macam acara yang gak mungkin gak bisa di lakuin kalau kemudian gak akan menggunakan genset sebagai alat yang paling utama disini.

Kalau kamu di rumah itu ternyata punya genset, maka pastinya harus merawat dengan benar. Karena sama saja seperti mesin bermotor lainnya, genset itu juga penting banget untuk mendapatkan pErawatan. Kalau gak di rawat dengan baik, maka pastinya akan membuat genset itu jadinya cepat rusak ataupun pas nantinya di pakai malahan bisa saja tiba-tiba jadi mati.

Kalau kamu nih disini belum tahu gimana cara buat ngerawat yang benar, maka akan saya berikan beberapa cara ataupun tips dalam pemeliharaan genset yang benar. Dengan pemeliharaan yang akan saya bahas disini, tentu saja nantinya akan membuat genset kamu jadi memiliki lebih banyak lagi kemampuan dalam performa dan tidak gampang rusak pas digunain nanti.

Untuk hal pertama banget yang perlu kamu lakuin adalah dengan cara meletakan genset itu di tempat yang memang kering. Seperti yang kita ketahui kalau genset ini bisa dibilang memang merupakan alat yang menghasilkan listrik, jadi pastinya kita gak mau kalau nantinya terjadi korslet disana. Selain itu salah satu hal yang paling penting adalah membersihkan genset ini.

Dengen membersihkan genset, kita jadi tahu sebenarnya spare part yang ada di dalamnya itu sebenarnya masih bagus atau tidak. Dan kalau sudah ketahuan ternyata sudah ada yang rusak, maka selanjutnya bisa untuk langsung saja kita ganti. Karena kalau gak di ganti malahan bisa saja menular ke berbagai suku cadang lainnya. Karena satu tidak bekerja dengan baik, maka suku cadang lainnya bisa bekerja terlalu keras.

Selanjutnya kamu juga harus memastikan kalau sirkulasi udara yanga da itu memang benar baik. Karena sepetri kita tahu genset itu bisa saja memanas, jadinya kalau di biarkan di tempat yang tertutup banget malahan bisa terlalu panas. Jangan lupa juga sebelum kamu akan menghidupkan genset ini, perhatikan bagaimana cara menghidupkan yang benar. Biasanya cara menghidupkan yang benar akan dapat kamu temui di buku petunjuk yang tersedia.

Waktu kamu akan menyalakannya juga jangan sampai nantinya itu bahan bakarnya itu malahan kosong karena membuat mesin rusak. Selain itu perhatikan performanya, lihat apakah ada yang mengganjal ataukah tidak, kalau memang ada maka kamu bisa matiin dulu sebentar. Untuk perawaan rutin lainnya yang perlu banget untuk kamu lakukan adalah dengan memeriksa oli di dalamnya. Dengan melakukan semua pemeliharaan ini, maka mesin genset kamu semakin awet dan kapan saja siap buat digunain.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*